CARA Check In di Aplikasi PeduliLindungi, Inilah Solusi jika Gagal Check In dan Arti Warna QR Code

Berikut ini cara scan QR Code PeduliLindungi, solusi jika check in dan check out bermasalah, dan arti warna pada banner QR Code. Pengguna PeduliLindungi adalah WNI dan WNA yang telah mengikuti vaksinasi baik vaksinasi dosis pertama maupun kedua serta telah terdaftar di PeduliLindungi. Beberapa fasilitas umum mewajibkan pengunjung mengakses PeduliLindungi, seperti pusat perbelanjaan, mal, bioskop, stasiun, bandara, dan lain lain.

Pengunjung diharuskan untuk melakukan scan QR Code di pintu masuk untuk check in terlebih dahulu melalui aplikasi PeduliLindungi. Kemudian, pengunjung dapat melakukan check out ketika hendak meninggalkan fasilitas umum. Lalu, bagaimana cara check in di Aplikasi PeduliLindungi?

Inilah cara scan QR Code untuk check in, dikutip dari 1. Download aplikasi PeduliLindungi di perangkatmu (jika belum ada); 2. Buka aplikasi PeduliLindungi;

3. ke akun milikmu apabila sudah membuat akun; 4. Aktifkan GPS perangkatmu, lalu pilih ; 5. Arahkan kamera HP ke QR Code di lokasi fasilitas umum tersebut;

6. Klik , secara otomatis kamu akan terdeteksi Check In di fasilitas umum, misal Mal. 7. Kamu bisa menunjukkan hasilnya kepada petugas di fasilitas publik saat diminta menunjukkan QR Code. Mengutip dari laman PeduliLindungi di , berikut ini penjelasan jika terjadi kendala ketika melakukan scan QR Code.

1. Mendapatkan pesan error “Sesuaikan nama dan NIK Anda dengan KTP” Jika kamu mendapat pesan ini, maka kamu harus memeriksa kembali Nama Lengkap dan NIK sesuai KTP. Kamu dapat menghubungi Call Center PeduliLindungi jika masih terjadi kesalahan teknis melalui WhatsApp .

2. Mendapatkan pesan error “Scan QR melebihi radius” Scan QR melebihi radius artinya kamu berada terlalu jauh dari lokasi Check in . Pastikan kamu sudah mengaktifkan GPS pada HPmu ketika mengakses fitur Check in . 3. Mendapatkan pesan error “Internal Server Error”

Internal server error artinya aplikasi yang kamu gunakan untuk mengakses fitur PeduliLindungi sedang berkendala. Kamu dapat menunggu beberapa saat untukmelakukan proses Check in . 4. Mendapatkan pesan error “Anda masih Check in di tempat ini”

Pesan tersebut menandakan kamu sudah check in di lokasi tersebut. Jika kamu diminta petugas memperlihatkan status check in mu lagi, maka check out dulu lalu check in kembali. 5. Mendapatkan pesan error “Anda belum melakukan Check in”

Jika kamu mendapat pesan di atas maka artinya kamu belum check in . Arahkan kamera pada scan QR Code untuk melakukan check in di tempat yang kamu kunjungi. 6. Lupa melakukan di lokasi Ketika memasuki tempat umum yang mengharuskan check in , sebaiknya kamu keluar melalui pintu keluar yang menyediakan check out .

Namun, jika kamu lupa check out , maka sistem akan melakukan check out secara otomatis setiap 24 jam. Kamu juga bisa check out langsung melalui menu scan QR Code, lalu pilih . Melansir dari , berikut ini arti warna banner QR Code:

1. Warna Hijau Jika kamu sudah melakukan dua kali vaksinasi, maka akan muncul notifikasi . 2. Warna Kuning

Jika kamu sudah melakukan satu kali vaksinasi, maka akan muncul notifikasi . 3. Warna Merah Apabila kamu belum melakukan vaksinasi sama sekali, maka notifikasi .

4. Warna Hitam Apabila kamu terdeteksi sebagai suspek, probable, konfirmasi atau kontak erat Covid 19. Jika berwarna hitam, maka notifikasi yang muncul pada banner QR Code mu adalah .

Hanya pengunjung yang memiliki warna kuning dan hijau saja yang boleh menggunakan fasilitas umum. Selain itu, pengunjung yang memiliki gejala atau menunjukkan indikasi Covid 19 tidak diperkenankan memasuki dan menggunakan fasilitas umum. Jangan memasuki atau menggunakan fasilitas umum tersebut jika banner hasil scan QR Code

Leave a Reply

Your email address will not be published.