Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 3 SD Halaman 52 53 54 58 59 61 Buku Tematik Subtema 2 Pembelajaran 1

Berikut ini soal dan jawaban di Buku Tematik Kelas III SD/MI Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1. Buku Tematik Tema 1 ini berjudul Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup. Sementara itu, materi Subtema 2 berkaitan dengan Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia.

Dalam artikel, terdapat kunci jawaban halaman halaman 52, 53, 54, 58, 59, dan 61. Namun, pembahasan Buku Tematik Tema 1 Kelas 3 ini hanya sebagai panduan bagi orang tua dalam membimbing anak belajar. Perhatikan gambar Udin berikut ini!

Apa kamu dapat menemukan perubahan yang dialami Udin berdasarkan gambar tersebut? Perubahan yang dialami Udin sejak bayi sampai saat ini adalah…… Bertambah tinggi dan berat badan Udin.

Perubahan yang dialami Udin sejak bayi sampai saat ini adalah……. Perubahan yang dialami Udin ketika minum menggunakan botol saat kecil. Sekarang Udin sudah bisa minum menggunakan gelas dan makan pakai sendok dan garpu.

Apakah kamu mengalami pertumbuhan dan perkembangan seperti Udin? Iya, pasti. Cobalah mencari tahu dari orang tuamu tentang pertumbuhan dan perkembanganmu dari sejak lahir sampai saat ini.

Informasi yang dapat kamu tanyakan tentang pertumbuhan dan perkembangan misalnya berat dan tinggi badan saat lahir. Selain itu kamu juga dapat mencari informasi mengenai kemampuanmu dalam merangkak dan berjalan. Lakukan kegiatan wawancara kepada orang tua di rumah untuk mendapatkan informasi tersebut!

Tuliskan terlebih dahulu daftar pertanyaan yang ingin kamu tanyakan. 1. Berapa usia saya sudah tumbuh gigi? 2. Berapa usia saya saat sudah bisa merangkak?

3. Berapa usia saya saat belajar berjalan? 4. Berapa usia saya saat bisa bicara? 5. Berapa usia saya saat bisa minum pakai botol?

Manusia sebagai makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Bertambah berat serta tinggi badan merupakan salah satu contoh pertumbuhan. Kekuatan tangan manusia juga mengalami perkembangan.

Contohnya seperti yang terlihat pada gambar. Edo saat masih kecil kesulitan untuk memegang botol susu. Akan tetapi, setelah tubuh Edo bertambah besar dan kuat Edo dengan mudah dapat memegang tempat minum yang lebih berat dari botol susu.

Kekuatan tangan dapat dilatih melalui kegiatan olahraga dan menari. Kuat dan lemah dari gerakan tangan digunakan dalam menari. Coba lakukan gerakan kuat dan lemah pada tangan sesuai perintah berikut ini!

1. Lakukan gerakan kuat seperti orang yang sedang mendorong meja. 2. Lakukan gerakan lemah seperti orang memegang kapas. Dapatkah kamu merasakan perbedaan dari kedua gerakan tersebut?

Iya, bisa. Ketika mendorong meja lebih banyak menggunakan tenaga serta kekuatan otot. Sementara itu, ketika memegang kapas tidak terlalu banyak menggunakan tenaga ekstra karena benda lebih ringan.

Badan kita mengalami pertumbuhan. Kemampuan kita pun mengalami perkembangan. Pada saat kelas satu, kalian baru belajar nama dan lambang bilangan sampai bilangan puluhan.

Lalu, berkembang menjadi bilangan ratusan dan ribuan bahkan puluh ribuan. Kalian juga sudah belajar penjumlahan dan pengurangan. Mari kita coba pelajari penjumlahan bilangan ribuan menggunakan teknik menyimpan untuk meningkatkan pemahaman.

1. 6.897 2. 5.127 3. 8.745

1. 5.673 2. 8.149 3. 7.592

4. 8.618 Apakah kemampuanmu dalam menyelesaikan soal penjumlahan sudah bertambah? Ya, sudah.

Orang tua menceritakan kepada siswa mengenai beberapa perubahan yang dialami siswa sejak kecil sampai kelas tiga. Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Jawaban dapat berbeda sesuai pendapat dan tidak terpaku seperti di atas.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.