Mengurangi Kenyamanan dan Estetika, Ini 3 Penyebab Dinding Rumah Rembes

Dinding rumah yang rembes. terutama saat musim penghujan tiba, tentu membuat kondisi rumah menjadi tidak nyaman. Selain rasa tak nyaman, dindin rembes juga mengurangi estetika di dalam rumah, sehingga cukup mengganggu pandangan mata. Rembes merupakan kondisi di mana air masuk ke bagian bagian bangunan, hingga menembus ke bagian dalamnya.

Seringkali, dinding rembes diduga disebabkan oleh penggunaan cat yang salah, atau mungkin karena pengaruh buruk cuaca. Bahkan kamu mungkin sudah berusaha melapisi dinding dengan pelapis anti air, namun tetap saja nihil. Melansir dari , ternyata rembes di rumah bisa dipengaruhi oleh hal ini, apa saja?

Pemasangan batu bata yang kurang tepat juga menjadi penyebab mengapa rumah sering mengalami rembes. Rembes bisa terjadi karena bata tidak terlebih dahulu dibasahi pada saat pemasangan pertamanya. Ini menyebabkan bata tepasang dalam kondisi kering dan berpori pori.

Indikasi lain yang juga menjadi penyebab rembesnya dinding rumah adalah pipa saluran air yang retak. Instalasi pipa yang kurang baik berisiko menyebabkan rembesan pada bagian dinding. Bahkan kondisi ini sering terjadi kerena beberapa hal seperti pemakuan dinding atau mendapatkan getaran yang cukup keras.

Meskipun pipa saluran air hanya tergores sedikit, namun air akan tetap keluar melalui celah celah tersebut. Cara mendeteksi kebocoran pada pipa saluran airpun cukup sulit. Kawan Puan perlu membuka plester hingga bata terlihat dan mencari bagian bata yang terlihat paling basah. Disitulah letak kebocoran pipa berada.

Salah satu faktor yang membuat dinding rumah kamu rembes adalah perbandingan plester yang tidak sesuai. Umumnya plester dinding yang ideal untuk menahan air dengan menggunakan perbandingan 1:2. Satu untuk bagian semen dan dua untuk bagian pasir. Campuran ini biasa digunakan untuk bagian kamar mandi, karena perbandingan tersebut akan membuat ruangan menjadi kedap air.

Meski demikian, kerap kali kontraktor menggungakan perbandingan 1:5. Meskipun ini sudah dirasa cukup, namun ada baiknya menggunakan perbandingan yang lebih kecil untuk bagian yang rawan akan rembesan seperti dinding. Nah Kawan Puan ternyata itu tadi penyebab rembes di bagian dinding rumah milikmu.

Jadi upayakan untuk menghindari hal hal yang memicu dinding rumah rembes ya! (*) Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.