Tak Kaget Manchester City Menang dari Everton, Guardiola Sibuk Puji Anak Asuhnya

Manchester City berhasil meraih kemenangan meyakinkan atas Everton di pekan ke 12 Liga Inggris, Minggu (21/11/2021) malam, WIB. Manchester City sendiri menang dengan skor 3 0. Ketiga gol Man City dibuat oleh Raheem Sterling (44'), Rodri (55') dan Bernardo Silva (86').

Tim asuhan Pep Guardiola ini benar benar tampil dominan di sepanjang 90 menit pertandingan. Mereka tak memberi nafas dan kesempatan bagi Everton untuk mengembangkan permainan. Kombinasi Rodri dan Ilkay Gundogan di sektor tengah mampu meredam sebagian besar serangan lawan yang datang.

Tak cuma itu, pressing ketat juga menjadi andalan Guardiola di pertandingan ini. Anak asuhnya pun bisa mengeksekusi segala instruksi yang ia berikan dengan baik. Untuk itu, ia tak kaget lagi dengan kemenangan yang diraih tim berjuluk The Citizens ini.

Ia tahu Everton akan lebih banyak bertahan di pertandingan ini. Membelah dan memecah benteng pertahanan inilah yang menjadi seni tersendiri bagi Pep. Ditambah lagi, ia tak bisa memainkan Kevin De Bruyne di pertandingan ini.

Jack Grealish juga tak terlihat di sepanjang laga. Cole Palmer yang mendapat kepercayaan menjadi penyerang nyatanya mampu menjawab tantangan. Pep tak bisa lebih bangga lagi dengan penampilan anak asuhnya di pertandingan ini.

"Kami memiliki ritme di pertandingan ini, di mana mereka (Everton) bertahan sangat baik, dalam dan mengandalkan serangan balik," ungkap Guardiola dikutip dari laman BBC . "Pada umumnya, kami berhasil mengontrol pertandingan." "Kami menampilkan permainan yang seharusnya untuk mengalahkan tim seperti Everton," sambungnya.

Ia juga puas dengan penampilan yang ditunjukkan dua pemain depannya di pertandingan ini. Cole Palmer dan Raheem Sterling mampu bekerja sama dengan baik meski jarang bermain bersama. Kredit tersendiri bagi Palmer yang bisa berperan luwes di depan.

Ia tak jarang bergeser ke sayap kanan atau kiri untuk mengubah pola serangan. Pun dengan Raheem Sterling, di mana ia sangat percaya diri di pertandingan ini. Sterling mampu menampilkan dirbel ciamik yang sesekali membuat pemain bertahan lawan kewalahan.

Guardiola bangga dengan mantan pemain Liverpool itu yang kembali mendapat suntikan rasa percaya diri. "Saya mengenalnya (Sterling) cukup baik. Sejak saya datang ke sini, dia adalah pemain kunci kami," ujar Pep Guardiola. "Dia harus tampil dengan performa seperti ini dan saya sangat bangga padanya."

"Dia melakukan hal yang sangat baik tadi," lanjutnya. Pep lantas memberi pujian kepada Cole Palmer. Ia memandang sang pemain bakal memiliki masa depan yang cerah di dunia sepak bola.

"Dia (Palmer) bermain selama hampir 90 menit. Dia mempunyai pengalaman yang baik," ucap Pep. "Dia memiliki talenta yang luar biasa." "Itu adalah pertandingan dengan tak banyak ruang yang tersedia, tapi dia bermain dengan baik."

"Palmer akan mengalami peningkatan performa di masa depan karena dia masih muda," pungkasnya. Dengan hasil ini, Manchester City mengkudeta Liverpool dari posisi kedua di klasemen sementara. City kini mengoleksi 26 poin dari 12 pertandingan.

Sedangkan Liverpool mengamankan 25 angka dari 12 laga yang sudah dijalani. Posisi puncak klasemen masih diduduki Chelsea yang tampil digdaya. Tim asuhan Thomas Tuchel itu mendapatkan 29 poin dari 12 pertandingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.